Rabu, 24 Februari 2016

Pahami Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli Agribisnis

Pahami Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli Agribisnis

 
Pahami Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli Agribisnis


Pahami Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli Agribisnis | Sudahkah anda memahami pengertian Pertanian organik atau yang sering di sebut di luar negeri Organic Farming merupakan sebuah sistem pertanian yang membuat tanaman dan tanah tetap sehat melalui beberapa cara pengelolaan tanah dan tanaman yang di budidayakan dengan pemanfaatan  bahan bahan yang terbuat dari alam secara langsung maupun di fermentasi terlebih dahulu.

Itu merupakan pengrtian pertanian organik menurut kami yang kami simpulkan dari penegertian pertanian organik dari beberapa ahli agrobisnis. Sedangkan yang di maksud dengan Produk organik adalah  hasil dari pertanian organik, yang tentu saja berasal dari alam dan tidak mengandung bahan kimia sedikitpun, hasil yang di dapat bisa berupa hewan maupun tanaman.  Namun demikian proses pertanian organik tidak memanfaatkan alat dan mesin modern, jsutru pertanian organik lebih mengutamakan kemajuan tekhnologi dalam mengusahakannya, seperti contoh penggunaan mikoorganisme yang mampu membantu kesuburan tanah secara alami. Sistem budidaya pertanian organik juga memiliki tujuan yang saling berkesinambungan antara alam dan hasil produksinya, contohnya penghasil padi organik lantas tidak membuang jerami padi begitu saja, namun petani organik juga harus bisa memanfaatkannya sebagai bahan penunjang pertanian organik, seperti di gunakan untuk makanan hewan, kemudian kotoran hewan di gunakan untuk memupuk tanaman lagi.

Sedangkan sistem pertanian Organik absolute adalah suatu sistem pertanian yang dalam budidayanya sama sekali tidak memanfaatkan bahan bahan non organik atau bahan kimia sedikitpun.
Sejarah pertanian organik yang sebenarnya sudah ada sejak jaman nenek moyang kita, dimana mereka bercocok tanam tanpa ada bantuan bahan kimia sedikitpun (karena memang belum di temukan) namun seiring perkembangan jaman mulai di temukannya pupuk dan pestisida kima yang dapat meningkatkan jumlah panen berkali lipat,namun hanya sementara. Justru dari penggunaan bahan kimia ini membuat hasil panen menurun tahun demi tahun. Sebagian besar petani di Indonesia sudah mulai sadar tentang bahayanya penggunaan pertanian kima, oleh karena itu mulailah mereka mengembangkan sistem pertanian organik yang lebih aman dan juga lebih sehat. Baik untuk para konsumen hasil pertanian maupun sang pelaku budidaya yaitu petani itu sendiri. Nah, demikian artikel kami kali ini semoga bermanfaat. Maju terus pertanian Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar